Thursday, November 6, 2014

Thursday, November 06, 2014
   Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sobat, agan sekalian kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai definisi sejarah. Berikut infonya semoga menarik.
   Kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajarotun yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang artinya menjadi akar, keturunan, asal usul, silsilah dsb. Kata sejarah diserap kebahasa melayu pada abad ke-13. Namun dalam bahasa arab sendiri ilmu yang mempelajari tentang kisah-kisah masa lalu disebut ilmu Tarikh.
   Dalam bahasa inggris, kata sejarah lebih dikenal dengan sebutan History. Yang berasal dari bahasa yunani Istoria yang berarti ILMU. Dalam perkembangannya kata tersebut diperintukkan bagi pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai manusia secara kronologis. Dalam bahasa Jerman disebut dengan Gescichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi.
   Para ahli sejarah memberikan pengertian atau definisi yang bermacam-macam tentang sejarah, walaupun hakikatnya hampir sama. Beberapa pengertian sejarah dari ahli-ahli sejarah antara lain sebagai berikut :
1. Herodetus (484-425 SM)
Menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak seperti garia lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herdetus dikenal sebagai sejarawan pertama berkebangsaan yunani. Oleh karena itu, ia dikenal sebagai The Father Of History atau Bapak Ilmu Sejarah.
2. R.Moh.Ali
Dalam bukunya PENGANTAR ILMU SEJARAH INDONESIA, ia menegaskan kata sejarah mengandung arti sebagai berikut :
 
  A. Sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.
  B. Cerita tentang peubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas dari peristiwa tersebut.
  C. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
4. Ibnu Khaldun (1332-1406)
Dalam bukunya yabg berjudul MUKADIMAH, ia mendefiniskan sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
Demikian info sederhana dari saya semoga artikel saya ini bermanfaat untuk agan ya. Sekian Assalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment