Wednesday, November 12, 2014

Wednesday, November 12, 2014
   *--Bertahun-tahun lamanya laut tengah menjadi pusat perdagangan internasional antara para pedagang dari barat dan timur. Salah satu komoditinya rempah-rempah. Para pedagang dari barat atau orang-orang Eropa untuk mendapatkan kota Konstantinopel tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, akses bangsa2 eropa untuk mendapatkan rempah2 yang lebih murah di kawasan laut tengah menjadi tertutup. Harga rempah2 melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari dan menemukan daerah2 penghasil rempah2 ke timur. Mulailah periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dkungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan. Portugis dan Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor dunia baru di timur. Portugis juga telah menjadi pmbuka jalan menemukan kepulauan Nusantara sebagai daerah penghasil rempah2 tetapi ada tujuan yang lebih luas.
@-Tujuan mereka terkait dengan :
Gold : memburu kekayaan dan keuntungan dengan mencari dan mengumpulkan emas, perak, dan bahan tambang serta bahan2 lai  yang sangat berharga
Glory : memburu kejayaan, superioritas, dan kekuasaan. Dalam kaitan ini mereka saling bersaing dan ingin berkuasa di dunia baru yang ditemukannya
Gospel : menjalakan tugas suci untuk menyebarkan agama. Pada mulanya orang2 Eropa ingin mencari tahu dan bertemu Preste John yang mereka yakni sebagai Raja Kristen yang berkuasa di Timur.
*--Berikut negara2 yang melakukan penjelajahan.
@--SPANYOL
Orang2 Spanyol dapat dikatakan sebagai pelopor dalam pelayaran dan penjelajahan samudra mencari dunia baru penghasil rempah2 di timur. Atas dasar keyakinan bahwa dunia itu bulat maka CHRISTOPER COLOMBUS bersama dengan rombongannya optimis menemukan daerah baru di timur. Pada tanggal 3 Agustus 1492, Colombus berangkat dari pellbuhan Kanari di sebelah barat Afrika. Ekspedisi penjelajahan samudra dilanjutkan denga  mengarungi lautan luas yang dikenal ganas, yakni SAMUDRA ATLANTIK. Salah satu kapalnya rusak. Para anggota rombongannya hampir putus asa. Namun Colombus terus memberi smangat kpda rombongannya. Sekitar satu bulan lebih berlayar, tanggal 12 Oktober 1492 rombongan Colombus berhasil mendarat di pantai bagian dari kepulauan bahama. Colombus mengira bahwa ekspedisinya ini sudah sampai di tanah Hindia. Oleh karena itu, penduduk yang menempati daerah itu disebut orang indian. Tempat mereka merapat dinamakan SAN SALVADOR. Ke datangan Colombus dan rombongannya disambut dengan suka cita.
Keberhasilan pelayaran Colombus menemukan daerah baru telah mendorong para pelaut lain untuk melanjutkan penjelajahan samudra ke timur. Apalagi Colombus belum berhasil menemukan daerah penghasil rempah2. Berangkatlah ekspedisi yang dipimpin oleh Magelhaens. Ia juga disertai oleh seorang kapten kapal yang bernama Yan Sebastian Del Cano. Berdasarkan catatan2 yang telah dikumpulkan Colombus, Magelhaens mengambil jalur yang mirip dilayari Colombus. Setelah terus berlayar Magelhaens beaerta rombongan mendarat di ujung selatan benua yang ditemukan Colombus. Setelah 3 bulan Magelhaens berlayar di samudra pasifik yang lautannya yang relatif tenang, pada akhirnya Maret 1521 Magelhaens mendarat di pulau Guam. Rombongannya kemudian melanjutkan penjelajahannya dan pada April 1521 sampai di kepulauan Massava atau kemudian dikenal dengan Filliphina. Magelhaens menyatakan bahwa daerah yang ditemukan ini sbagai koloni Spanyol.
Tindakan Magelhaens tersebut mendapat tantangan penduduk setempat. Terjadilah pertempuran antara kedua belah pihak. Dalam pertempuran ini rombongan Magelhaens terdesak bahkan Magelhaens sendiri terbunuh. Maka rombongan magelhaens yang selamat segera meninggalkan filliphina. Mereka dibawah kepemimpinan Sebastian Del Cano terus berlayar ke selatan. Pada tahun 1521 itu mereka sampai di Maluku yang ternyata tempat penghasil rempah2. Tanpa berpikir panjang kapal del cano ini dipenuhi oleh rempah2 dan terus bertolak ke Spanyol. Dikisahkan bahwa atas pemandu Indonesia kapal2 rombongan del Cano ini berlayar ke arah barat melalui TANJUNG HARAPAN di Afrika Selatan menuju Spanyol. Dengan penjelajahan tersebut maka, dikatakan bahwa tokoh yang berhasil mengelilingi bumi ialah Ferdinand Magelhaens.

0 komentar:

Post a Comment